Home » » C. DEFINISI (Bagian 4)

C. DEFINISI (Bagian 4)

Posted by Mk Food on Monday, March 26, 2018


Lanjutan Bagian 3

4. Bahaya
    Unsur biologi, kimia, fisika dalam atau kondisi dari pangan yang berpotensi menyebabkan dampak buruk pada kesehatan. Maksud dari istilah ini menujukan bahwa bahaya pangan dapat bersumber dari bahan makanan langsung atau justru timbul dari proses pengolahan, penyimpanan, penanganan yang lebih dineal dengan istilah kontaminasi silang.
     Analisis bahaya adalah proses pengumpulan dan menilai informasi mengenai bahaya dan keadaan sampai dapat terjadi bahaya, untuk  menentukan yang mana berdampak nyata terhadap keamanan pangan, dan harus ditangani dalam rencana HACCP. Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan sebelum membuat perencanaan penerapan HACCP.
     Analisis bahaya dan pengendalian titik kritis didefinisikan sebagai suatu sistem yang mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan bahaya yang nyata bagi keamanan pangan. Sistem ini apabila dicermati terdiri dari dua kegiatan, yaitu menganalisis dan mengidentifikasi, serta memastikan bahaya, sementara pengendalian titik kritis dilakukan setelah tahap pertama selesai dan bahaya diyakini menjadi pusat kritis.

Berlanjut ke Bagian 5



Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer



Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi


Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive