Home » » C. DEFINISI (Bagian 3)

C. DEFINISI (Bagian 3)

Posted by Mk Food on Friday, March 23, 2018

Lanjutan Bagian 2

3. Titik Kendali Kritis
    Pengertian titik kendali kritis adalah titik di dalam rantai produksi makanan dari bahan baku hingga produk akhir di mana apabila gagal dikendalikan memungkinkan timbulnya suatu risiko keamanan pangan yang tidak dapat diterima. Langkah pengendalian suatu titik , tahapan atau prosedur dari suatu proses yang dapat dilakukan dan perlu sekali diterapkan untuk mencegah atau meniadakan bahaya keamanan pangan, atau menguranginya sampai pada tingkat yang dapat diterima disebut sebagai pengendalian titik kritis.
    Kriteria yang memisahkan antara kondisi yang dapat diterima dan yang tidak dapat diterima disebut sebagai batas kritis. Di dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9000 definisi ini tercakup ke dalam status inspeksi dan uji, di mana pada penerapan operasionalnya di industri dikenal dengan parameter proses atau produk.
    Apabila di dalam konsep sistem sertifikasi dikenal istilah ketidaksesuaian di dalam standar SNI 01-4852-1998 tentang HACCP dikenal istilah penyimpangan. Penyimpangan didefinisikan sebagai suatu kegagalan untuk memenuhi batas kritis. Penggunaan kedua istilah ini tidak diatur secara ketat pada penerapan HACCP menggunakan format SNI 01-4852:1998, tetapi untuk membedakan antara penyimpangan titik kendali kritis dengan penyimpangan selama kegiatan lain dapat saja digunakan dua istilah berbeda.
    Pada penetapan hasil proses audit juga dapat digunakan beberapa istilah misalnya ketidaksesuaian, ketidakcocokan, temuan, penyimpangan, atau apa pun namanya untuk menunjukan telah terjadi perbedaan antara standar dan pencapaiannya.

Berlanjut ke Bagian 4



Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer



Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive